Ingin Cetak Baju? Ketahui Dulu Tips yang Benar Sebelum Memilih

Terkadang ketika akan mengadakan event tertentu, banyak orang yang menginginkan membuat baju seragam. Biasanya dengan tulisan nama club, organisasi, atau tulisan-tulisan keren lainnya. Ada juga yang ingin mencetak kaos dengan gambar idola dan lain-lain. Namun, mencari tempat cetak baju atau pun kaos memang harus cermat, supaya nanti hasilnya tidak mengecewakan. Pastinya Anda ingin yang terbaik untuk grup Anda, kan?

Oleh sebab itu, sebelum pergi ke tempat printing baju atau kaos, coba pertimbangkan hal-hal ini terlebih dulu.

Tentukan Desain yang Nantinya Akan Dicetak
Sebelum cetak baju, Anda tentu sudah harus menentukan desainnya. Apakah yang dicetak itu adalah sebuah tulisan atau gambar. Biasanya, pada beberapa tempat penyablonan juga menyediakan jasa desain. Jadi Anda yang belum tahu ingin mencetak apa bisa konsultasi dan meminta dibuatkan desain sesuai keinginan. Desain ini juga nantinya akan menentukan sebaiknya kaos atau baju Anda dicetak dengan cara apa. Sebab, beberapa teknik cetak masih memperhatikan warna dan luas bidang kaos yang akan dicetak gambar.

Bahan Kaos atau Baju
Sebelum mencetak kaos atau baju, coba tanyakan terlebih dulu kain apa yang digunakan di percetakan tersebut. Hal ini karena tidak semua teknik cetak dengan segala jenis kain. Yang paling umum adalah penggunaan kain katun untuk kaos, bisa juga jersey untuk pakaian olahraga. Namun, tidak semua tempat cetak kadang memiliki bahan baku yang bagus, sehingga Anda perlu menanyakannya terlebih dulu. Hal ini supaya jenis kain yang diingikan cocok dengan selera Anda.

Pilih Teknik Sablon yang Cocok dengan Jenis Kaos
Perbedaan teknik sablon sangat berpengaruh pada hasil printing baju atau kaos. Misalnya, dengan menggunakan teknik sablon manual, hasilnya tidak akan sebagus teknik sablon DTG. Mungkin sekilas sama, tetapi setelah dicuci, biasanya akan sangat terlihat mana sablon yang bagus dan tidak. Inilah mengapa Anda harus bertanya dan disesuaikan dengan keperluan Anda saat itu. Beberapa teknik sablon memberikan hasil yang cepat dengan kualitas baik, tetapi ada juga yang cepat tetapi kualitasnya biasa saja. Tentu ini nantinya akan berpengaruh pada harga cetaknya juga.

Waktu Pengerjaan
Jika Anda membutuhkan pakaian tersebut selesai dalam jangka waktu tertentu, maka pilih percetakan yang mampu mengatasi keinginan Anda tersebut. Waktu pengerjaan tiap cetak baju berbeda-beda, tergantung teknik yang digunakan, dan kerumitan desainnya. Oleh sebab itu, ketika ke tempat printing, sebaiknya pastikan ingin selesai dalam berapa hari, dan pastikan tempat printing tersebut mampu mengatasi.

Budged yang Tersedia
Paling penting dan yang paling utama untuk bahan pertimbangan sebelum ke tempat percetakan adalah budged yang tersedia. Apabila budged benar-benar tipis, maka rajin-rajinnya untuk mencari tempat cetak yang menawarkan harga murah dengan kualitas cukup baik. Sekarang pun banyak percetakan lewat online yang menawarkan jasa sablon dengan harga miring.

Leave a Reply