Belanja Online Indonesia : Diskon, Promo dan Tips Mengelola Pembelanjaan


Teknologi sudah semakin canggih, banyak hal yang sudah berubah dan juga semakin maju menyesuaikan dengan teknologi yang ada salah satunya adalah sistem berbelanja yang dilakukan oleh masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Sekarang ini anda sebagai konsumen tidak perlu pergi ke pasar atau ke toko untuk memenuhi kebutuhan. Anda sekarang dengan sistem berbelanja online. Anda bisa memenuhi kebutuhan hanya dari rumah dan dari smartphone berbelanja online sendiri, sudah lama berkembang dan dianggap memiliki kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri walaupun mengalami kekurangan dan juga kelebihan. Belanja online sendiri semakin berkembang dan terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kebutuhan atau keinginan mereka. Dilansir dari siklus ekonomi grafik dari belanja online di Indonesia terdiri terus meningkat.

Bicara soal belanja online Indonesia, sebenarnya ada sejarah yang sangat panjang dibalik bagaimana sistem belanja online berdiri. Pertama kali belanja online dunia dilakukan pada tahun 1979 dimana seorang pengusaha Inggris bernama Michael Aldric memutuskan untuk membuat sistem belanja online. Ide ini tiba-tiba saja muncul ketika Michael sedang berada di sebuah supermarket bersama istrinya, di mana mereka berbelanja untuk memenuhi kebutuhan. Setelah itu mereka melihat sebuah TV di mana ia yakin bahwa teknologi TV domestik dapat dimodifikasi dengan antarmuka komputer dan manusia yang berbasis menu sederhana. Hal ini tentu saja dapat menciptakan sesuatu yang baru dan dapat digunakan oleh banyak orang. Michael menyadari bahwa ini akan berlaku secara universal dan mengkaitkan antara teknologi media komunikasi dan juga sistem perbelanjaan.

Setelah sistem itu berdiri maka sampai saat ini masih terus dikembangkan dan juga menjadi salah satu pelopor belanja online yang dihormati oleh banyak pebisnis yang ada di dunia. Lalu bagaimana hubungannya dengan ini? Dengan adanya ide seperti ini belanja online Indonesia tercetus dan banyak dilakukan hingga saat ini. Setelah penemuan yang dilakukan oleh Michael sistem belanja online terus berkembang tentunya didukung dengan teknologi yang sesuai, seperti halnya internet dan juga teknologi canggih untuk berkomunikasi.

Hal Menarik Dalam Belanja Online Indonesia

Setelah mengetahui panjang lebar terkait sejarah dari belanja online, khususnya awal berdirinya sistem belanja online. Selanjutnya adalah hal menarik dalam belanja online Indonesia yang akan kita bahas secara rinci dan juga jelas. Bagaimana bisa belanja online yang memiliki berbagai resiko dan juga kerugian dapat menarik perhatian para konsumen yang ada di Indonesia. Mengingat kita sering kali mendengar seperti halnya penipuan ataupun barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi terjadi dalam sistem transaksi belanja online.

Tetapi hal ini tidak membuat para konsumen merasa kapok, justru konsumen belanja online Indonesia menjadi semakin pintar dalam membela toko dan juga memilah barang ketika berbelanja online. Ada beberapa hal yang jelas menarik dalam sistem perbelanjaan ini. Bagi sebagian orang sistem belanja online dianggap sangatlah efisien dan juga mudah untuk dilakukan. Anda yang membutuhkan berbagai barang yang ada di luar negeri tentunya tidak perlu terbang dulu ke sana untuk mendapatkan barangnya. Namun anda bisa membelinya dengan cara sistem belanja online. Misalnya saja anda ingin membeli coklat di Swiss namun anda berada di Indonesia, maka tidak perlu terbang ke sana ada tinggal menggunakan smartphone dan mencari toko yang berkaitan. Selain itu anda akan mendapatkan coklat yang anda inginkan. Di sisi lain sistem belanja online dianggap lebih efisien dari waktu karena untuk anda yang sangat sibuk dan tidak sempat pergi ke mall atau ke pasar dengan belanja online inilah. Anda dapat menuangkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit dan membeli kebutuhan yang anda inginkan di lapang jualan online.


Hal menarik lain yang dapat anda rasakan dalam sistem belanja online adalah adanya potongan harga diskon dan juga berbagai promo menarik. Seperti halnya anda berbelanja di toko belanja offline. Salah satunya adalah kegiatan harbolnas atau hari belanja online nasional. Sebenarnya harbolnas atau hari belanja online Indonesia atau nasional ini sudah lama digalakkan, tujuannya? Jelas untuk menarik perhatian Konsumen akan belanja online dan tentu saja meningkatkan kepercayaan Konsumen akan sistem berbelanja online. Harbolnas ini diadakan pada tanggal 12 Desember di mana angka 12:12 akan banyak muncul di akhir tahun sebagai salah satu promo belanja online yang disebarkan melalui media sosial ataupun media komunikasi lain.

Harbolnas pertama kali didirikan oleh beberapa situs belanja online yang ada di Indonesia seperti Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, Pinkemma, Berrybenka, Dan Bukalapak. Setelah harbolnas diadakan terbukti banyak sekali konsumen yang ada di Indonesia mulai tertarik menggunakan sistem belanja online dan juga terbiasa dengan sistem berbelanja ini. Ratusan e-commerce yang mengikuti event ini berlomba-lomba memberikan potongan harga, bahkan tidak tanggung-tanggung ada yang memberikan harga hampir 95% potongannya. Salah satunya adalah iLOTTE adalah Belanja Online Indonesia yang banyak memberikan keuntungan dan juga penawaran menarik yang diberikan kepada para konsumen belanja online, untuk mendapatkan berbagai barang yang diproduksi atau dikeluarkan oleh perusahaan ilotte.

Hharbolnas sendiri sekarang menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh berbagai toko online yang tentunya didukung oleh berbagai mitra, seperti halnya industri telekomunikasi perbankan logistik hingga media massa. Sekarang ini jika anda melihat harbolnas diadakan yang di terakhir pada tahun 2018, sudah lebih dari 300 e-commerce yang dapat berpartisipasi dan menjual berbagai produknya dengan penawaran dan juga promo menarik. Harbolnas ini menjadi salah satu cara atau tips marketing untuk meningkatkan belanja online Indonesia semakin baik lagi dan semakin berkembang.

Tips Mengelola Dana Pembelanjaan Untuk Belanja Online Indonesia

Setelah membahas mengenai belanja online Indonesia, baik sejarah maupun perkembangannya sekarang ini ada beberapa tips untuk anda yang ingin mengelola dana pembelanjaan untuk belanja online Indonesia agar tetap sesuai dengan kebutuhan namun tidak terlalu boros ataupun terlalu banyak biaya :

Pertama yang harus anda lakukan adalah mendata semua kebutuhan yang ingin anda beli pada sistem belanja online. Tentu saja penampilan yang menarik diiringi dengan berbagai diskon dan promo bisa saja menggoda anda. Untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau yang sedang tidak ada dalam kebutuhan anda. Jika sudah seperti ini maka pengeluaran anda akan bertambah besar dan nantinya pengelolaan dana anda akan kacau. Untuk itu usahakan mendaftar terlebih dahulu kebutuhan sebelum membuka situs belanja online anda.

Selanjutnya adalah membandingkan harga. Biasanya pada beberapa situs belanja online menyediakan barang kebutuhan yang sama namun dengan harga yang sedikit berbeda. Salah satunya adalah ilotte yang menjual berbagai barang dan kebutuhan dengan persaingan harga yang sangat baik, di mana anda bisa mendapatkan harga yang sangat murah dengan kualitas dan barang yang sama dengan situs belanja online lainnya. Jika seperti ini maka anda bisa menghemat dan juga mengurangi pengeluaran pembelanjaan anda. Di sisi lain pengurangan biaya ini bisa anda limpahkan ke kebutuhan lainnya yang sedang ingin anda beli.

Tips terakhir dalam mengelola dana untuk belanja online Indonesia yang anda lakukan adalah melihat prioritas dari kebutuhan anda. Jika terkendala oleh pengeluaran pada bulan ini dikarenakan kebutuhan untuk bulan ini sangatlah banyak, maka anda bisa membelinya di waktu lainnya. Selain itu ada juga bisa memprioritaskan barang-barang yang memang harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tentu saja membeli susu dan popok bayi akan lebih penting dibandingkan anda membeli barang-barang pendukung.

Leave a Reply