Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia

Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia – Batik, batik sudah menjadi tren nya Indonesia,tak ayal masyarakat luar negeri pun mengetahui bahwa batik berasal dari Indonesia. Gaya dan corak yang ada pada batik cenderung mempunyai arti tersendiri,sehingga orang-orang pun ikut tertarik akan keindahan batik tersebut. Warna yang ada pada batik pun terkesan sederhana tetapi menampilkan keindahan. Tapi,apakah kita mengetahui apa arti dari corak-corak dan warna pada batik? Ya,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia.

Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia
Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia

1. Aceh

Motif batik aceh melambangkan unsur Alam dan budaya yang tak kalah menarik. Dipadupadankan dengan warna-warna yang sangat serasi dengan motif batik itu sendiri. yakni warna merah,hijau,merah muda,kuning. Yang mana warna-warna tersebut melambangkan sifat atau karakteristik dari masyarakat Aceh. Bisa kita lihat warna-warna yang dipakai oleh batik Aceh sendiri ialah warna-warna yang berani. Sangat menarik bukan?

Baca :   Model Baju Couple Batik Untuk Muslim yang Kekinian

2. Sumatera Barat

Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia yang kedua ialah Sumatera Barat. Di ibukota Sumatera Barat,Padang persisnya. Batik khas kota tersebut sangat fenomenal,yakni batik liek atau batik tanah liat. Yang mana prosesnya menggunakan tanah liat sebagai bahan pewarnanya dan yang pasti akan menghasilkan warna cokelat. Akan tetapi seiring perkembangan zaman,tak hanya warna cokelat saja yang dihasilkan oleh Batik khas sumatera barat ini,akan tetapi ada warna-warna lain yang berasal dari zat pewarna berbahan alam. Corak nya pun tak jauh dari unsur alam,seperti dedaunan dan akar-akar tumbuhan.

3. Sumatera Selatan

Batik khas sumatera selatan ini cenderung mengikuti syariat Islam,karena motifnya tidak menggunakan lambing manusia ataupun binatang. Mereka menggunakan motif bunga teh dan simbol-simbol tanaman sebagai motifnya. Tapi,anda jangan khawatir! Meskipun dengan corak yang sederhana,batik ini tak kalah keren dibanding batik yang lain,yang mana batik sumatera selatan ini dipadu padankan dengan warna yang bisa menarik perhatian anda seperti warn cerah khas melayu,yakni merah,hijau terang ataupun kuning.

Baca :   Model Baju Batik Gamis Sarimbit Serasi Idaman

4. Jawa Tengah

Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia yang keempat yakni Jawa Tengah. Saya disini akan menjelaskan mengenai batik Semarang,yang mana warna-warna yang digunakan dalam batik semarang ini adalah warna-warna orange kemerahan yang cenderung dipengaruhi oleh Eropa dan Cina, dan motif-motif batik nya pun terpengaruhi oleh budaya Cina yang banyak menggunakan lambing fauna dibanding flora seperti merak,cendrawasih dll.  Tak hanya itu,batik-batiknya pun terkadang menampilkan ikon-ikon kota semarang itu sendiri.

5. Yogyakarta

Batik Yogyakarta adalah batik yang bernuansa biru-hitam ataupun coklat-putih yang warna-warna tersebut diambil dari bahan-bahan pewarna alam. Dan motif-motif yang digunakan ialah motif yang kaku,tegas dan taat pada peraturan. Yang konon katanya,motif ini berartikan dari keratin Yogyakarta sendiri.

Baca :   Desain Baju Batik Muslim Pria dan Wanita

6. Jawa Timur

Batik jawa timur ini berbeda dari batik Jawa Tengah,yang mana batik ini bercorak bebas tanpa terikat seperti batik Yogyakarta yang terikat pada pakem atau aturan dari Keraton Yogyakarta. Motif yang dihasilkan yakni bebas,bersifat natural dan agak dipengaruhi oleh kebudayaan asing. Warna yang digunakan pun cenderung warna-warna yang cerah.

Jadi,dari Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia yang sudah saya jelaskan tadi. Mana batik yang akan anda segera beli?

Penjelasan Corak Motif dari Batik Indonesia | Kelly Abigail Yahya | 4.5