Tips Tetap Sehat Selama Mudik Lebaran

Salah satu tradisi yang di lakukan oleh banyak orang saat Ramadhan adalah mudik. Mudik adalah salah satu hal yang menjadi suatu hak yang penting terutama untuk anda yang tinggal jauh dengan keluarga. Bertemu dengan orang tua, dan kampong halaman juga sanak saudara merupakan salah satu hal yang menjadi favorit banyak orang.

Namun, salah satu hal yang cukup penting yang harus di perhatikan saat anda ingin mudik adalah kesehatan. Memang banyak persiapan mudik yang dapat anda lakukan dari bawang bawaan, oleh-oleh dan hal lainnya. Namun anda juga harus memperhtaikan kondisi kesehatan anda dan keluarga terutama apa saja tips tetap fit dalam berkendara.

Kesehatan atau kebugaran tubuh adalah salah satu hal yang tidak kalah penting yang harus anda persiapkan jika anda ingin berpergian mudik. Melihat puasa yang sebenatr lagi akan berakhir dan sudah mulai banyak orang yang mudik, anda harus mengetahui tips tetap fit dalam berkendara. Seperti yang kita ketahui bahwa mudi merupakan hal yang melelahkan, baik membawa kendaraan sendiri atau menggunakan kendaraan umu. Kesehatan anda dan keluarga yang membuat anda harus memperhatikan hal tersebut.

Berikut ini adalah tips tetap fit dalam berkendara agar mudik anda berjalan lancar:

1. Anda harus menyiapkan kondisi fisik yang sehat dan juga prima, baik anda dan keluarga terutama saat berkendara.

2. Saat melakukan perjalanan, jangan lupa perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Konsumsilah buah dan sayur agar stamina yang anda miliki saat berkendara tetap terjaga. Hal ini juga menjadi salah stau hal yang lalai di perhatikan banyak orang terutama saat perjalanan.

3. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bersih dan juga sehat. Jangan asal membeli sembarangan makanan, anda tidak mengetahui apakah makanan tersebut bersih dan juga sehat.

4. Untuk anda yang memang berada dalam keadaan yang kurang sehat, namun memiliki keharusan untuk berkendara usahakan jangan mengkonsumsi obat yang memiliki efek samping mengantuk. Perhatikan efek samping untuk obat yang akan anda konsumsi, jangan lupa untuk tetap menjauhi minuman keras.

5. Hal yang cukup sering di lakukan banyak orang adalah sulit mnegontrol emosi. Jaga kesehatan anda dan control emosi anda dalam berkendara.

6. Dalam perjalanan yang jauh, jangan lupa untuk tetap beristirahat dan jangan memaksakan kondisi tubuh anda. usahakan selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat setelah 4 jam berkendara. Anda bisa menghirup udara segar atau sekedar berjalan-jalan kecil hingga melakukan peregangan agar tubuh anda tidak merasa kaku ataupun lelah.

7. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan tubuh anda dengan minum air putih yang cukup. Jangan sampai diri anda dehidrasi dan kekurangan asupan cairan.