Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Apa Anda pernah merasa tidak nyaman ketika berpakaian? Bila iya, perlu diketahui bahwasanya salah satu penyebab ketidaknyamanan itu adalah kesalahan saat memilih pakaian. Perkembangan model pakaian yang sangat pesat sekarang ini jelas sangat menarik perhatian terutama kaum wanita, dan cenderung membuat mereka asal ‘comot’ baju tanpa berpikir ulang mengenai ‘kepantasannya’ saat dikenakan.

Memilih Pakaian yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Menanggapi hal tersebut, penting untuk dipahami di sini adalah tampil sempurna tidak berarti harus membeli pakaian segala model dan mengikuti perkembangannya. Karena percuma pakaian tersebut dibeli bila akhirnya tidak menimbulkan rasa percaya diri saat dikenakan.

Maka dari itu, selektiflah dalam memilih pakaian. Lebih baik lagi bila dalam proses pemilihan pakaian ini disesuaikan dengan bentuk tubuh. Adapun bentuk tubuh yang perlu diketahui terdiri dari bentuk tubuh lurus atau persegi panjang, apel, jam pasir dan pir.

1. Bentuk Tubuh Lurus atau Persegi Panjang
Bentuk tubuh yang lurus atau persegi panjang ditandai oleh proporsi yang tidak banyak lekukan dan cenderung agak lurus. Pemilik bentuk tubuh ini ukuran bahunya dan pinggulnya adalah sama, sedangkan ukuran pinggangnya hampir mendekati ukuran bahu dan pinggul tersebut.

Pakaian terbaik yang bisa dipilih oleh pemilik bentuk tubuh ini adalah pakaian yang bisa memberi lekukan dan menambah highlite pada bagian pinggang. Sebaiknya jangan memilih pakaian yang longgar karena tujuannya di sini adalah memunculkan lekukan bagi tubuh, bukan menyembunyikannya. Kemudian, bagi yang tubuhnya kurus jangan memilih pakaian yang terlalu ketat karena ini bisa menguatkan kesan kurus dan lurusnya tubuh Anda.

2. Bentuk Tubuh Apel
Bentuk tubuh apel ini ditandai oleh bagian pinggang yang lebih besar. Pemilik bentuk tubuh ini sangat disarankan untuk memilih pakaian dengan tali di bahu atau empire dress dan atasan yang panjang. Model pakaian ini bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh apel ini.

Gunakan jaket, blazer atau coat dengan struktur berupa v-neck sebagai atasan. Sementara untuk bawahan bisa memilih rok yang mampu menonjolkan bagian betis dan tidak terlalu panjang. Bentuklah lekukan di bagian pinggang, yang dalam hal ini bisa menggunakan bantuan ikat pinggang. Bagi yang bertubuh kurus, disarankan untuk memilih pakaian terusan yang minimalis supaya tampak lebih langsing.

Untuk masalah ikat pinggang, sebaiknya gunakan ikat pinggang yang ukurannya sedang atau cukup besar. Jangan gunakan ikat pinggang yang tipis karena ini justru akan membuat pinggang menjadi lebih lebar. Hindari pula memilih pakaian dengan detail yang terlalu banyak dibagian pinggangnya seperti payet atau manik-manik.

3. Bentuk Tubuh Jam Pasir
Bentuk tubuh jam pasir adalah bentuk tubuh yang sama seperti jam pasir. Bentuk tubuh ini dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal dengan ciri khas berupa ukuran pinggang dengan pundak adalah sama. Ciri lainnya adalah biasanya bentuk payudaranya penuh, bagian bokong, paha serta pinggul juga penuh, dan memiliki lekuk tubuh yang tajam.

Pakaian terbaik yang bisa dipilih oleh pemilik bentuk tubuh ini adalah atasan yang bagian lehernya terbuka namun datar, sehingga bentuk bahunya yang indah bisa lebih menonjol. Sementara untuk bagian bawah bisa memilih celana dengan pipa lebar, flare atau boot cut yang mampu mengurangi volume tubuh bagian bawah yang cenderung besar.

Pemilik bentuk tubuh ini bisa juga memilih rok dengan A-line atau celana pensil supaya bagian kaki bisa lebih cantik dan lebih feminism. Tak ada salahnya juga menggunakan ikat pinggang sebagai alat bantu untuk menonjolkan lekuk tubuh.

Kemudian hindari memilih pakaian yang bentuknya lurus. Mengapa? Karena ini membuat lekuk tubuh menjadi tertutupi. Jangan pula memilih jaket yang model atau ukurannya terlalu besar karena bisa berakibat pada bagian dada yang tampak lebih besar.

4. Bentuk Tubuh Pir
Sedangkan untuk bentuk tubuh pir memiliki bentuk yang sama seperti buah pir dengan cirinya adalah bagian bokong, paha dan pinggul adalah bagian yang paling besar diantara bagian tubuh yang lainnya.

Bagi pemilik tubuh ini sangat disarankan agar memilih pakaian yang mampu mengalihkan perhatian dari bagian bawah tubuh yang besar menjadi ke bagian atas tubuh yang lebih ramping. Caranya adalah gunakan atasan yang warnanya cerah dan cukup ramai. Dengan demikian, perhatian orang yang melihat tubuh berbentuk buah pir ini bisa terarah ke bagian atasnya.

Selain ramai dan warnanya cerah, pilih atasan yang bagian kerahnya bermodel dan juga besar. Bisa dengan tambahan draperi atau renda. Pakaian atasan yang terdapat detail pada bagian lengan atau bahu juga bisa membantu proses pengalihan perhatian ini.

Kemudian untuk bawahan, bisa diakali dengan menggunakan celana panjang yang bentuknya slim dan tidak terdapat detail apapun. Atau bila hendak menggunakan rok, bisa pilih rok yang modelnya adalah basic cut.

Mengenai larangan dalam memilih pakaian untuk bentuk tubuh seperti buah pir ini adalah jangan memilih celana yang modelnya pensil, tube atau rok model fishtail. Mengapa? Karena bawahan yang seperti ini hanya akan membuat bokong tampak lebih besar. Jangan pula memilih bawahan yang terlalu ketat ya, karena ini juga bisa membuat bentuk bokong yang besar lebih tegas lagi.

Disamping harus bersikap selektif dalam memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh yang sudah disampaikan sebelumnya, lengkapi penampilan Anda dengan penggunaan alas kaki atau sepatu yang juga tepat dan sesuai dengan bentuk kaki Anda.

Leave a Reply