Tips Anti Galau Saat Nyeri Haid dan Hamil Meski Haid Tidak Teratur

Nyeri haid yang normal biasanya hanya berlangsung kurang lebih tiga hari. Secara alami pada masa ovulasi dinding rahim akan mengalami penebalan hal ini digunakan untuk mempersiapkan sebagai tempat penempelan sel telur yang berhasil dibuahi. Namun ketika sel telur tidak dibuahi maka dinding rahim akan meluruh bersama dengan darah dan zat kimia yang disebut dengan prostaglandin yang juga dilepas dan memicu kontraksi otot dan inilah yang disebut dengan kram perut atau nyeri haid. Beberapa ciri-ciri nyeri haid yang normal adalah sebagai berikut: Pertama, nyeri haid berlangsung hanya pada kisaran 2 sampai 3 hari saja. Kedua, nyeri haid yang Anda rasakan umumnya mudah diatasi yaitu dengan alternatif botol air panas, bantal malas, minum obat antiradang sederhana misalnya ibuprofen, dan terkadang dokter menganjurkan pil KB dengan berbagai pertimbangan.

Untuk Anda yang gemar berolahraga tetaplah menjalankan aktifitas olahraga seperti biasa, karena dengan pelepasan hormon endorphin saat olahraga dapat meningkatkan pasokan oksigen ke rahim dan memperkuat pinggul. Ketika pasokan oksigen dalam rahim terpenuhi, maka nyeri haid dapat dengan mudah teratasi. Siklus haid yang tidak teratur dianggap membuat perempuan susah untuk hamil, namun ternyata bagi Anda yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur juga dapat berkesempatan hamil meskipun dengan waktu yang cukup lama. Haid tidak teratur bisa hamil meskipun akan membutuhkan waktu yang agak lama, pertama-tama Anda harus memeriksakan diri ke dokter apakah penyebab haid tidak teratur karena gejala PCOS, dengan memeriksakan ke dokter, Anda akan tahu bagaimana penanganan melakukan program hamil.

Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, misalnya dengan memakan lebih banyak biji-bijian dan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian. Selanjutnya Anda dapat menambah berat badan yang sehat, karena dengan berat badan ideal akan membuat hormon yang memperlancar siklus haid bekerja seimbang. Cara yang lain untuk dapat hamil meskipun siklus haid tidak teratur adalah dengan mengkonsumsi suplemen penambah kesuburan atau vitamin prenatal. Hal ini sebagai bentuk pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan.