Gaya Hidup

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Sebagian masyarakat yang tinggal di kota besar bukan berasal. dari kota tersebut, banyak dari mereka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Ketika hari lebaran atau idul fitri tiba maka banyak orang kota yang mudik ke tempat asalnya, dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Selain mempersiapkan hal-hal apa saja yang akan dibawa selama perjalanan, penting untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang akan ditinggalkan. Apalagi jika pemudik memiliki rumah kosong yang akan ditinggalkan Dalam beberapa hari kedepan, maka pastikan rumah kosong tersebut aman. Di luar sana banyak sekali masalah pelaku kejahatan yang mencoba memanfaatkan momentum lebaran untuk melakukan tindak kejahatan rumah kosong.

Anda perlu waspada saat meninggalkan rumah yang kosong, berikut ini hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi adanya masalah saat rumah ditinggalkan :

• Kunci semua pintu dan jendela
Ketika akan meninggalkan rumah maka kunci semua pintu dan jendela, sangat dianjurkan untuk memasang pengaman rangkap pada bagian yang sering menjadi jalan untuk pencuri datang. Hilangkan kebiasaan menaruh kunci di pot, di bawah keset, di sepatu atau tempat lainnya yang mudah ditebak. dan jangan gunakan gembok di luar karena menandakan bahwa rumah tersebut memang tidak berpenghuni.

• Matikan saluran utama kran dan PAM
Pastikan saluran PAM dank ran sudah dimatikan, hal ini untuk menghindari terjadinya kebocoran dan tagihan yang bengkak.

• Cabut semua aliran listrik dan gas
Pastikan semua perangkat elektronik mati dan jangan lupa mencabut regulator gas tabung dan juga kompor.

• Simpan barang berharga
Simpan dengan baik barang-barang berharga seperti uang, surat-surat penting, perhiasan dan lainnya di tempat teraman. Bisa juga memanfaatkan layanan penitipan barang yang ada di Bank dan pegadaian.

• Titip rumah kepada orang yang terpercaya
Saat akan mudik anda harus datang ke ketua RT/RW dan keamanan setempat, berikan nomor telephone jika terjadi hal-hal darurat. Selain itu titipkan rumah kepada orang yang dapat dipercaya seperti kerabat atau tetangga dekat.

• Rumah harus dalam keadaan bersih dan tutup semua lubang pembuangan
Sebelum mudik pastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih, semua lubang pembuangan sampah harus ditutup agar semua jenis serangga tidak datang kerumah anda.

• Hindari pamer melalui media social bahwa anda sekeluarga akan mudik
Terkadang kejahatan datang karena diri kita sendiri, tidak semua orang di luar sana baik seperti yang kita sangka. Ada banyak mata yang menerawang dan melakukan aksi saat ada kesempatan datang. Oleh sebab itu hindari narsis melalui media social.

• Pasang lampu otomatis dan CCTV
Lampu otomatis mampu mendeteksi cahaya yang terang dan gelap, dimalam hari lampu akan menyala dan siang hari lampu akan mati secara otomatis. Jangan lupa juga untuk memasang CCTV demi keamanan dibeberapa tempat seperti halaman depan, kamar dan ruang tamu.

Dengan melakukan hal-hal di atas maka rumah kosong yang ditinggalkan tetap aman dan membuat kita tenang saat ditinggal mudik.