Inilah Cara Mengatasi Anak Susah Makan Paling Ampuh

Susah makan adalah masalah yang kerap dihadapi orang tua terhadap anaknya. Hal ini sangat tidak baik karena jika anak susah makan, asupan gizinya akan kurang dan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Ketika tubuh lemah, dia akan mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda coba.

4 Cara Mengatasi Anak Susah Makan


1. Atur jadwal makan
Cara pertama untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan mengatur jadwal makan. Membuat jadwal secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Meski akan terasa sulit, namun cara ini ampuh untuk membuat anak terbiasa untuk makan tepat waktu. Anda bisa membuat jadwal dengan detail sampai dengan jamnya, bukan hanya sekadar pagi, siang, dan malam.

Tanpa membuat jadwal rutin, waktu makan anak akan menjadi kacau karena berbeda setiap hari. Akibatnya, anak akan kurang menyadari waktu untuk makan dan ketika tiba-tiba disuruh untuk makan, mereka akan merasa malas dan susah makan. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan membuat jadwal makan mendekati waktu tidur karena anak akan mengantuk dan selera makannya akan menurun.

2. Memberikan camilan
Memberikan camilan atau makanan ringan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi anak yang susah makan. Namun, camilan yang diberikan harus merupakan camilan yang sehat karena camilan ini berfungsi untuk melengkapi gizi yang tidak terpenuhi karena anak susah makan. Anda bisa memberikan camilan berupa buah-buahan, sandwich dengan potongan keju, atau makanan yang mengandung sayur.

3. Ajak anak untuk menikmati makanan
Salah satu alasan kenapa anak menjadi susah makan adalah karena anak tidak bisa menikmatinya. Hal ini bisa disebabkan karena makanan tersebut bukan makanan kesukaannya. Untuk mengawali anak agar tidak susah makan, Anda bisa menyajikan makanan kesukaannya. Cara lain untuk membuat anak menikmati adalah dengan mengajaknya memasak bersama.

Anak perempuan mayoritas akan senang ketika diajak memasak bersama. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Ketika sang anak ikut memasak makanannya, kemungkinan besar mereka juga akan mau memakannya karena merupakan hasil dari kerja mereka.

4. Memberikan suasana menyenangkan
Mungkin alasan lain kenapa sang buah hati susah makan adalah karena mereka tidak mendapatkan suasana makan yang menyenangkan. Gunakan momen ketika makan untuk bercengkrama dengan anak. Tanyakan tentang kegiatan mereka di sekolah atau aktivitas-aktivitas lainnya. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman dan lebih berselera untuk makan.

Untuk membuat suasana yang menyenangkan, Anda juga bisa memasakkan makanan dengan bentuk yang lucu. Jika Anda tidak bisa membuatnya, kini sudah banyak yang menjual paket nasi dengan bentuk-bentuk lucu seperti tokoh film kartun dengan gizi yang memadai.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Jangan pernah sekali-kali memaksa dengan kasar agar anak mau makan. Hal itu justru akan memperburuk suasana dan berdampak anak tidak mau makan.