Fungsi dan Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian besar masyarakat mengetahui bakteri adalah parasit yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit. Namun, kenyataannya ada jenis bakteri yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah fungsi bakteri baik untuk kesehatan pencernaan. Nah, istilah lain dari bakteri baik bagi kesehatan tubuh adalah Probiotik.

Jika Anda belum mengetahui probiotik, ingat baik-baik kalau bakteri ini mampu menghasilkan asam laktat yang ada di dalam pencernaan manusia. Bakteri baik ini sangat diperlukan untuk kesehatan, apalagi bagi anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Maka, hadirnya bakteri ini akan memberikan dampak positif bagi usus dan pencernaan anak sehat.

Di dalam tubuh kita terdiri atas berbagai jenis bakteri baik yang memiliki peran berbeda-beda dalam menjaga kesehatan. Bakteri baik tersebut bisa Anda temukan melalui penjelasan di bawah ini.

● Lactobacillus Rhamnosus
Bakteri ini memiliki peran untuk mengatasi diare, menjaga pencernaan dan menjaga kesehatan organ hati. Bakteri ini dapat Anda temukan melalui produk yogurt dan olahan susu lainnya.

● Lactobaccilus Acidophilus
Ketika dalam keadaan normal di dalam saluran pencernaan manusia, bakteri ini bermanfaat membantu menurunkan kolesterol, mengatasi dan mencegah diare. Bagi perempuan, bakteri ini berguna untuk mengatasi bakteri vagina yang bisa menyebabkan keputihan. Lactobaccilus Acidophilus ini biasanya ada di minuman susu fermentasi, keju, maupun di tempe.

● Escherichia Coli
Bakteri ini jarang dianggap sebagai spesies baik. Padahal, pada tahun 2005 lalu sebuah studi di Jepang menyatakan jika bakteri ini bisa mencegah serta mengobati colitis ulsertiva (peradangan usus besar).

● Bacillus Coagulans
Bakteri baik ini tidak berbeda dengan bakter lainnya. Bacillus Coagulans berguna untuk kesehatan saluran pencernaan. Meski bakteri ini jarang sekali dijumpai atau ditambahkan ke dalam suplemen probiotik sebab harganya sangat mahal daripada bakteri baik jenis lainnya.

● Lactococcus Lactis
Bakteri ini berada di dalam keju, yoghurt, dan mentega. Jika Anda pernah mengonsumsi yoghurt, maka ada rasa khas. Nah, rasa khas tersebut disebabkan oleh bakteri ini. Selain menghasilkan rasa khas pada yoghurt, bakteri baik ini bisa membantu memperbaiki mukosa usus di inflammatory bowel disease (peradangan susu).

Lima bakteri baik itulah yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan ulasan ini Anda bisa mengetahui bakteri apa saja yang baik dan tidak baik bagi kesehatan tubuh.