Ciri-ciri Susu Kental Manis yang Berkualitas

Untuk membuat makanan menjadi lebih lezat, maka penggunaan susu kental manis bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kental manis sangat mudah untuk digunakan dan cocok untuk dipadukan dengan beberapa makanan lainnya. Mulai dari roti, buah hingga oat bisa menjadi padanan yang pas untuk susu kental manis.

Agar bisa mendapatkan manfaat terbaik dari susu kental manis, maka Anda perlu memilih susu kental manis yang berkualitas. Untuk itu, ada beberapa ciri susu kental manis berkualitas yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Berikut ini beberapa cirinya.

Pastikan bentuk kaleng berada dalam kondisi yang baik
Pada umumnya, susu kental manis dikemas dalam kemasan kaleng. Susu kaleng tersebut bisa membuat susu lebih awet dan lebih kedap udara. Tapi, sebelum membeli, pastikan kondisi kaleng susu tersebut berada dalam kondisi terbaiknya. Perhatikan bagian pinggir kaleng susu apakah ada yang terbuka atau terbentur. Sebab, ketika susu kental manis dalam kemasan kaleng tidak lagi steril atau sudah terbuka, maka kualitas kental manis yang ada didalamnya akan berkurang.

Warna Susu Kental manis berwarna terang
Selain memperhatikan kaleng atau wadah susu kental manis yang akan dibeli, Anda juga bisa memperhatikan warna susu kental manis tersebut sebelum dikonsumsi. Apabila Anda membeli kental manis dengan rasa vanila, maka perhatikan apakah warnanya cenderung putih dan terang. Sebab, ketika Anda menemukan susu kental manis vanila dengan warna susu yang tidak seperti biasanya, maka bisa jadi susu tersebut telah berkurang kualitasnya. Perhatikan juga apakah ada gumpalan-gumpalan kecil yang terbentuk ketika susu dituang. Jika ada, maka hal tersebut menandakan susu tersebut telah kadaluarsa dan Anda perlu membeli susu baru lagi.

Rasanya manis
Seperti namanya, susu kental manis memiliki rasa yang manis. Rasa manis tersebut selain menjadi ciri kental manis juga menjadi pertanda bahwa susu tersebut berada dalam kondisi yang bagus. Perhatikan apakah rasa kental manis yang Anda beli benar-benar manis dan lezat untuk dikonsumsi. Jika terasa sedikit asam, maka bisa jadi kental manis tersebut telah basi dan Anda dapat membeli susu baru lagi agar kualitasnya leih terjaga.